VIDEO Memacu Adrenaline, Saat Menaklukkan Jeram Sei Bingei

Sungai Bingei merupakan sungai yang relatif tidak besar, bebatuan, berair jernih dengan jeram-jeram yang cukup banyak dan bervariasi. Kedalaman air bervariasi sehingga pada tempat-tempat tertentu wisatawan diajak untuk berenang maupun loncat dari batuan ke sungai.

Sungai Bingei berada dekat dari Kota Medan (sekitar 40 km). Dari kota Binjai lokasi arung jeram Sungai Bingei dapat dicapai sekitar 30 menit berkendaraan dengan jarak lebih kurang 20 km.

Airnya yang jernih membuat kita dapat melihat hingga dasar sungai. Dengan tingkat kesulitan 2 – 3 sungai ini cukup aman untuk diikuti anak-anak umur 7 tahun keatas maupun orang dewasa.

Terdapat beberapa pilihan yang dapat diikuti oleh peminat arung jeram untuk mengarungi sungai BIngei. Rute yang umum diikuti oleh wisatawan adalah jrute Namo Nangka hingga Bendungan Namu SIra-sira. Jarak tempuh sekitar 7 km dengan lama pengarungan mencapai 2 jam.

Sedangkan Jalur panjang dimulai dari Desa Lau Seridi hingga jembatan Bendungan Namu Sira-sira dengan jarak sekitar 10 km. Juga da rute family trip, rute ini dimulai dari depan Base Camp Explore Sumatera hingga Alam Indah sekitar 3 km.

Terdapat lebih kurang 8 jeram yang cukup menantang saat berarung jeram di sungai ini. Selain itu juga terdapat lokasi yang cukup tenang dan biasanya para tamu akan memanfaatkannya untuk berenang dan beristirahat sejenak. Lompat dari ketinggian ke sungai adalah atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Cocok untuk yang bernyali dan ingin menguji adrenalinnya.

Meluncur dari ketinggian hampir 9 meter dengan kemiringan 45 derajat dari atas perahu karet adalah puncak dari keseruan berarung jeram di sungai Bingei. Bendungan ini tidak selalu dapat diluncuri. Pemandu akan menyampaikan kepada tamu apakah kita dapat menuruninya atau tidak.

Biasanya pemandu akan melihat mistar TMA yang ada di Bendungan, kalau air kecil maupun terlalu besar, pemandu akan memberi isarat untuk tidak turun. Tinggi air 35 – 45 adalah tinggi air dibendungan yang sangat ideal untuk diluncuri dan dapatkan sensasi mendebarkan saat adrenalin dipacu kencang menunggu saat perahu meluncur sampai ke ujung bendungan.

Add Comment